Wednesday, May 22, 2013

Mereguk Keindahan Di Curug 7 Bidadari Bandungan



curug-7-bidadari
(Pancuran 7 Bidadari)
Masih di wilayah kabupaten Semarang, kali ini saya akan kembali ulas salah satu objek wisata alam yang berupa pancuran (air terjun rendah) yang dikenal oleh warga sekitar dengan nama Curug 7 Bidadari (pancuran 7 bidadari). Kawasan wisata alam ini berada di areal persawahan yang ada di sebuah desa di bawah kaki sebelah selatan gunung ungaran. Desa atau dusun itu bernama Keseneng yang secara administratif berada di wilayah Kecamatan Sumowono.

Bagi yang menyukai wisata alam bisa mempertimbangkan tempat ini sebagai salah satu destinasi saat liburan anda. Di sana bukan hanya pancuran yang jumlahnya tujuh itu saja (yang konon menurut legenda sebagian warga sekitar katanya pernah dipakai buat mandi para bidadari), tapi para traveler juga bisa mengayunkan kaki menyusuri perbukitan atau menyaksikan persawahan yang hijau lengkap dengan sungai yang deras dengan bebatuan alaminya serta masih sangat bening airnya. Di pancuran/curug tersebut anda bisa mandi untuk menyegarkan tubuh dan pikiran anda sepuasnya.


curug-7-bidadari
(Foto lain)
Untuk sampai di Curug 7 Bidadari para traveller mesti tak segan-segan untuk bertanya karena memang masih minim informasi. Objek wisata yang baru diperkenalkan ke publik pada tahu 2010 ini belum banyak diketahui masyarakat, terutama masyarakat di luar Kabupaten Semarang. Jalanan untuk sampai ke Desa Keseneng setidaknya sudah beraspal, namun hanya cukup untuk dua mobil saja. Bahkan menjelang lokasi wisata, saat berpapasan harus bener-benar perlahan dan berhati-hati karena jalanan lebih sempit.

Di sekitar areal wisata tersebut terdapat sumur yang dangkal di mana oleh orang-orang yang tinggal di sekitar sana dijadikan sebuah peninggalan keramat. Sumur itu dikenal dengan sebutan Kedung Wali. 

Bila traveller datang dari arah semarang, maka untuk sampai lokasi Curug 7 Bidadari ini perlu melewati beberapa titik utama yaitu pertigaan lemah abang (pom bensin Lemah Abang), Bandungan, Sumowono, Desa Losari kemudian baru Desa Keseneng. Namun bila ingin naik bus dari Semarang, anda tinggal naik bus ukuran sedang jurusan Bandungan (ongkosnya 7 sd 8 ribu), dan nanti anda turunnya di Terminal Sumowono. Dari sumowono tak ada trayek yang langsung ke lokasi sehingga anda perlu naik ojek (karena masih cukup jauh mungkin ongkosnya sekitar 20 ribu).

Sedangkan bila rekan semua datang dari arah Yogyakarta atau Salatiga, maka titik-titik yang mesti dilewati adalah Ambarawa, Bandungan, Sumowono, Desa Losari dan baru kemudian Dusun Keseneng. Dari Ambarawa ke Terminal Sumowono cukup bayar 4 ribu dengan naik angkutan elf. Semoga bermanfaat. 



tulisan lainnya :


5 comments: