Monday, May 20, 2013

Memburu Sensasi Di Atas Kapal Laut


(Kapal Laut Di Dermaga)
Kapal laut merupakan moda transportasi laut yang biasanya banyak digunakan masyarakat kita untuk pergi dari jawa menuju pulau-pulau daerah timur maupun sebaliknya. Informasi dari beberapa temanku, jumlah penumpang kapal seringkali penuh, bahkan overload terutama menjelang arus mudik maupun arus balik hari-hari besar. Nah bagi yang belum pernah merasakan sendiri sensasinya seperti apa berada di tengah lautan dengan naik sebuah kapal, maka saya akan coba sedikit mengulas cerita serta tips bagi yang hendak menggunakan armada ini.

Tata ruang di dalam kapal tentu saja sangat berbeda dengan sebuah pesawat terbang yang rapi tertata. Beberapa kapal pelni yang konon katanya sebagian besar armadanya buatan negara jerman mampu mengangkut penumpang hingga 1.000 orang bahkan lebih. Berdasarkan fasilitas yang didapatkan, para penumpang dibagi menjadi 3 kelas yakni IA (VIP), IIB (Bisnis) serta Ekonomi. Umumnya pengguna jasa transpotasi laut ini adalah masyarakat dengan tingkatan ekonomi menengah ke bawah sehingga tiket ekonomi biasanya terjual dengan jumlah persentase yang sangat tinggi.

Bagi yang suka keramaian serta berinteraksi dengan penumpang lainnya, pilihlah tiket ekonomi saja. Karena perjalanan bisa memakan waktu berhari-hari sehingga ngobrol, bernyanyi atau bermain kartu secara berkelompok dapat mengurangi kejenuhan selama ada di atas kapal. Selain itu anda juga akan menghemat uang perjalanan anda.

Mulai dari kelas ekonomi hingga kelas IA (VIP) akan diberikan jatah jatah makan dari pihak pengelola kapal. Tapi para penumpang mesti mengantri dengan antrian mengular yang begitu panjang, terutama bagi yang ingin menghemat pengeluarannya. Bayangkan saja, 1000 orang penumpang berbaris mengantri. Mungkin karena lama menanti serta kualitas makanan yang dirasa kurang menarik, beberapa orang sering dibuat kecewa sehingga memilih untuk membeli dengan uang pribadi saja. Pada kelas ekonomi ini anda akan tidur bersama penumpang lain tanpa adanya sekat tertentu, jadi seperti tidur di barak.

Bagi yang suka perihal yang romantis, bisa naik ke atas kapal untuk melihat keindahan berbagai panorama keindahan di tengah lautan, seperti bintang-bintang di malam hari, matahari tenggelam di senja hari serta matahari terbit di pagi hari. Di atas kapal ini penumpang perlu waspada dan hati-hati terutama sekali saat gelombang tinggi yang akan mengombang ambingkan kapal tersebut.

Pada beberapa pelabuhan tertentu kapal akan singgah selama beberapa saat. Saat itu penumpang bisa memanfaatkan kesempatan yang sebentar ini dengan turun dari kapal untuk makan, membeli oleh oleh atau pun sekedar jalan-jalan saja. Namun harus tetap waspada sebab berbagai modus kejahatan sangat rawan.

Bermacam warna pengalaman selama perjalanan di tengah laut tentu akan memberikan kenangan tersendiri di benak anda baik susah maupun senangnya. Untuk yang belum pernah sekalipun naik kapal laut, dapat mencoba jenis transportasi ini misalnya saat pergi menjenguk kerabat yang jauh ataupun tujuan lain.


lihat juga :



 
 

No comments:

Post a Comment