Monday, February 18, 2013

Keindahan Kawasan Wisata Pelosok Gunung Kidul


(Karang Berbahaya Di Pantai Siung Gunung Kidul)
Wisata Gunung Kidul merupakan salah satu dari beberapa Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara umum kondisi geografisnya berupa perbukitan dan tanahnya berupa bebatuan semacam batu kapur dan batu karang laut. Sehingga para ahli memperkirakan bahwa dulunya wilayah ini merupakan bagian dari lautan selatan. Ini berdasarkan kondisi bebatuan, tanah serta temuan berupa fosil-fosil binatang laut di area tersebut. Kondisi yang demikian membuat daerah ini relatif tak mudah diakses atau setidaknya tak semudah kabupaten-kabupaten selainnya. Sehingga dampaknya terlihat dari kondisi perekonomian dan pendidikan yang tampak rendah.

(Menatap Ombak Di Pantai Sundak Gunung Kidul)
Namun demikian, dari kondisi geografis yang demikian itu justru menyimpan keindahan alam yang masih cukum alami semisal lingkungan pedesaan yang masih sejuk, pantai-pantai di ujung selatan yang berjejer indah, serta hutan jati dengan batu-batu karang menonjol yang menakjubkan. Tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang ingin berkunjung ke lokasi-lokasi wisata di Gunung Kidul karena jalanan kesana berkelok, berbukit dan teduh oleh pepohonan jati.



(Pantai Sundak Yang Masih Alami)
Lokasi wisata yang paling dekat dengan kota Yogyakarta adalah Bukit Langgeran, Bukit Brambang dan Bukit Bintang. Bukit Langgeran yang merupakan bukit batu yang dipercaya sebagai gunung purba ini sering dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai daerah. Sedangkan bukit bintang merupakan sebuah titik lokasi di pinggir jalan berkelok di perbukitan yang mana dari sana di malam hari dapat kita saksikan lampu-lampu kota yogyakarta yang laksana bintang-bintang di langit. Sungguh romantis. Belum lagi keindahan belasan pantai dengan pasir putihnya yang masih alami dan asri.

Di antara pantai-pantai di wilayah Gunung Kidul yang pernah saya kunjungi adalah Pantai Sundak (Pantai ini setidaknya sudah tiga kali saya kunjungi), Pantai Siung, Pantai Kukup, dan Pantai Baron (2 kali saya kunjungi). Bahkan sempat beberapa kali saya nginap di pantai-pantai tersebut. Akses dengan angkutan umum menuju ke sana agak susah. Makanya saya sarankan lebih baik menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke daerah tersebut.






Baca Juga :



No comments:

Post a Comment