Thursday, May 9, 2013

Eksotisme Karimunjawa Yang Tiada Duanya


(Karimunjawa)
Kepulauan Karimunjawa dengan sejuta keindahan dan ketenangannya memang bisa jadi merupakan sebuah objek wisata alam yang tiada duanya. Lokasi pulau yang jauh di tengah Laut Jawa membuat tempat wisata ini seakan sebuah dunia baru yang unik dan berbeda sehingga menjadikan tantangan tersendiri untuk bisa sampai ke sana. Bayangkan, dengan kapal cepat saja para traveller akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam diatas kapal untuk sampai ke Pulau Besar Karimunjawa. Bahkan kalau mau pakai kapal feri akan jauh lebih lama, yaitu sekitar 6 jam. Itu pun kalau kondisi cuaca cukup bersahabat. Sehingga para traveller biasanya dianjurkan bepergian ke sana pada musim-musim tertentu sana. 

Faktor alam inilah yang menjadikan pulau karimunjawa memiliki sejumlah keunikan tersendiri. Keunikan itu antara lain keterbatasan sarana listrik (karena masih pakai disel) sehingga listrik hanya akan menyala menjelang malam hingga pagi hari saja. Otomatis ini akan membentuk sebuah budaya dan kebiasaan tersendiri bagi warga lokal maupun para pendatang. Bagi sebagian orang ini akan menjadikan sensasi liburan yang unik.

Jauhnya lokasi juga menjadikan tingkat keramaian pulau ini sangat minim, meskipun itu di masa-masa liburan. Sehingga untuk pecinta ketenangan dan kedamaian akan benar-benar mendapatkan apa yang mereka harapkan di kepulauan ini. Ini juga berpengaruh pada kebersihan serta nilai alami sebuah daerah wisata, terutama jika dibandingkan dengan objek wisata semisal yang lebih mudah diakses.

Objek wisata yang ditawarkan yaitu wisata pulau-pulau beserta pantainya yang benar-benar masih alami, wisata desa yang penuh dengan kesederhanaan dan keramahannya, snorkling, memancing, menyelam, serta tracking mangrove (menjelajahi hutan bakau). Sebagai tambahan, di sana makanan dijual cukup murah, jadi tak perlu khawatir dengan kondisi kantong anda. Begitu juga penginapan juga cukup bervariasi dan menawarkan harga yang bervariasi pula. Bagi yang ingin murah, bisa tinggal di rumah-rumah penduduk (home stay) yang mana anda akan dilayani dengan begitu ramahnya.

Anda dapat pergi menuju  lokasi wisata ini melalui 2 jalur pilihan, yaitu pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan Pelabuhan Kartini Jepara. Setiap harinya biasanya hanya ada satu kapal saja yang pergi ke sana atau sebaliknya. Itu pun lagi-lagi bergantung cuaca saat itu. Nah bagi yang tengah merencanakan liburan, silakan objek Wisata Karimunjawa ini dijadikan pertimbangan anda. Hal yang paling penting adalah bahwa anda harus benar-benar merencanakan perjalanan ke tempat wisata ini, sebab tiket dijual terbatas, sedangkan di sisi lain perjalanan kapal sangat dipengaruhi faktor cuaca. Pada akhirnya, selamat menikmati liburan sembari merenungi keindahan ciptaan Tuhan.



Baca juga :

No comments:

Post a Comment