Saturday, March 16, 2013

Kawasan Wisata Alam Bandungan, Jawa Tengah


wisata-alam-bandungan
(Villa-villa di Kompleks Candi Gedong Songo)
Kalau di Kota Bogor terdapat objek wisata Puncak dan tak jauh dari sana terdapat kota wisata Bandung yang sejuk dan asri, maka di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, juga terdapat kawasan wisata yang tak kalah menarik, tak kalah sejuk dan tak kalah asri, yang bernama Bandungan. Bandungan merupakan sebuah kota kecil (kota kecamatan) yang di dalamnya menawarkan sajian kuliner khas, tanaman hias, sayuran segar, desa-desa wisata, serta tempat-tempat peristirahatan dari kelas melati hingga hotel berbintang. Bahkan terdapat pula beberapa villa yang biasanya disewa untuk rombongan turis.

wisata-alam-bandungan
(Kolam renang Sidomukti)
Ibarat sebuah kawasan wisata yang luas, maka kota Bandungan yang berhawa sejuk ini merupakan sentral wisata dari berbagai objek/titik-titik wisata di sekitarnya. Tak jauh dari kota kecil tersebut terdapat Candi Gedong Songo (lebih kurang 5 km dari Bandungan), Curug (Pancuran) Tujuh bidadari (lebih kurang 13 km dari Bandungan), Kolam Renang dan area Outbond Sidomukti (lebih kurang 8 km dari Bandungan), serta wisata Puncak Gunung Ungaran yang bisa didaki lewat Gedong Songo maupun lewat Pasar Jimbaran. Ada juga objek wisata Palagan Ambarawa serta Musium Kereta Api Ambarawa yang hanya berjarak sekitar 7 km dari kota ini.

wisata-bandungan
(Salah Satu Candi Gedong Songo)
Berbagai oleh-oleh yang dapat dibawa dari sekitar Bandungan adalah tahu serasi, entho goreng, susu kedelai serta buah kelengkeng (pas lagi musim/diimpor). Di kota kecil ini para turis juga dapat membeli berbagai tanaman hias mulai dari bunga-bungaan, bonsai hingga tanaman buah kerdil. Untuk menambah relaksasi bagi para wanita juga telah disediakan sebuah lokasi untuk SPA yang notabene termewah di kabupaten Semarang dan bahkan mungkin se Jawa Tengah (ada kenalan gue kerja di sana).

wisata-bandungan
(Kereta Wisata Ambarawa)
Setidaknya ada 6 (enam) jalur yang bisa dilalui untuk sampai Bandungan. Di antara sekian jalur itu, jalur Ambarawa dan Lemah Abang (kalau dari Semarang) adalah yang paling umum dan mudah. Kalau dari Semarang anda dapat naek bis tanggung dengan tarif sekitar Rp.8.000. Sedangkan dari Ambarawa anda bisa naek angkutan kecil (ELF atau yang lebih kecil) dengan tarif sekitar Rp.2.500. 







Artikel terkait :


7 comments:

  1. mau tanya boleh gaaaa?
    kalo dari jogja naik bis pribadi rombongan enaknya lewat mana?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lewat jalur Magelang-Ambarawa-Bandungan. Jadi setelah sampai palagan Ambarawa ntar maju dikit ada jalan ke kiri (agak nanjak). Nah itu jalan ke arah bandungan...Bus besar bisa diparkir diparkir di Taman parkir Bandungan..

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kalo dari solo pasny lewat mana ya gan ?

    ReplyDelete
  4. bandungan oh bandungan. Yuk jalan2 ke bandungan biar kayak turis. Tempat yang sejuk (bahkan dingiiiin) banget. Bakso/mie ayam yang enak di bandungan sebelah mana ya ?

    ReplyDelete
  5. Di bandungan paling enak kemana ya kalo sama anak kecil balita

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan di SUSAN spa, habis makan bisa jalan2 keliling taman yang memang disediakan bwt pengunjung. Enaknya malam hari, tapi sebelum jam 21 karena jam 21 sepertinya udah tutup.

      Delete