Wednesday, February 13, 2013

Situs Wisata Sejarah Kompleks Candi Gedong Songo


Pada 1804 situs wisata sejarah Kompleks Candi Gedong Songo ditemukan oleh Raffles (wikipedia.com). Dengan ketinggian lokasi lebih kurang 1.200 mdpl, suhu udara sejuk di wilayah ini bisa sampai 19 derajat celcius. Hmmmm, cukup dingin bukan.

(Indahnya Pemandangan Di Kawasan Candi Gedong Songo)

Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi-candi kuno yang berjumlah sembilan (dari kata “songo” yang berarti sembilan dalam bahasa jawa) yang pada awalnya diperuntukkan sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat hindu. Pada abad 9 masehi bangunan candi-candi bernuansa hindu ini dahulu dibuat oleh Raja Mataram Kuno, yakni Putera Sanjaya. Di sana dapat kita temukan perwujudan dari simbol-simbol kepercayaan masyarakat hindu berupa patung-patung dewa kepercayaan mereka seperti Ganesha, Durga Mahesa Suramardhani, Syiwa Mahakala, Syiwa Mahadewa dan syiwa Mahaguru. Disamping patung-patung tersebut, ditemukan juga Lingga dan Yoni yang melambangkan kesuburan antara pria dan wanita.

Situs wisata sejarah kompleks Candi Gedong Songo terletak di kaki Gunung Ungaran, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Pemandangan alam dan hawa nan sejuk membuat setiap wisatawan tidak pernah merasakan bosan untuk berlama-lama berada di sana. Letak satu candi dengan candi lainnya yang terpisah membuat para wisatawan tertantang untuk mencapai satu persatu bangunan itu sembari berjalan santai melewati pemandangan khas pegunungan di sekitar. Di salah satu titik di kompleks tersebut terdapat pemandian air hangat berupa air belerang yang dipercaya baik secara medis maupun secara turun temurun dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Ada pilihan lain bagi anda yang tidak mau capek-capek jalan kaki atau sekedar mencari sensasi lain yaitu dengan menaiki kuda sewaan. Tarifnya di tahun 2012 ini sekitar 50 ribu untuk satu putaran. Namun demikian anda masih tetap dapat mencoba menawar untuk memperoleh harga yang pas. Sedangkan untuk memasuki situs wisata sejarah kompleks Candi Gedong Songo ini para wisatawan diwajibkan membayar tiket masuk seharga kurang lebih 10 ribu per orang.

Jalan memasuki situs wisata kompleks Candi Gedong Songo ini dipenuhi dengan banyak kelokan tajam, tanjakan dan jalan yang cukup sempit. Selain itu ada juga satu tanjakan yang cukup terjal yaitu dengan sudut kemiringan sekitar 38 derajat. Untuk itu, anda perlu berhati-hati sekali. Bila anda menggunakan bus besar, maka sebaiknya bus diparkirkan di terminal bandungan (jarak dari Bandungan Ke Kompleks Gedong Songo sekitar 5km). Atau bila ingin lebih dekat, anda dapat titipkan bus di halaman warung makan dekat pom bensin Pal Bapang. Jarak dari situ ke Area Candi hanya sekitar 2,25 km. Nah dari situ anda bisa pilih jalan kaki, naek ojek atau sewa angkutan umum yang kebetulan lewat di situ. 


Artikel Terkait :
Tempat Wisata Semarang
Wisata Alam Puncak Gunung Ungaran 
pesawat n 219



1 comment: